Jelang Natal & Tahun Baru Stok LPG 3 Kg Aman

oleh -265 views
Foto : Syahnan

SIBOLGA (BN)-Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg kerap terjadi setiap.menjelang perayaan hari besar. Namun, tidak untuk perayaan Natal dan tahun baru tahun ini. Meski permintaan meningkat. Namun, hingga sekarang, kelangkaan bahan bakar rumah tangga warga kurang mampu ini belum terjadi. Karena, pemerintah dan pihak agen penyaluran elpiji 3 Kg telah mengantisipasinya sejak dini.

Hal tersebut dikatakan Syahnan, Menager PT. Djuwilly Jaya Gasindo, salah satu agen penyaluran si ‘melon’ tersebut. Katanya, untuk persediaan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, cukup. “Sejauh ini belum ada kendala, ketersedian pasokan sangat memadai menjelang natal dan tahun baru ini,” kata Syahnan ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/12).

Diterangkannya, amannya persediaan bahan bakar rumah tangga tersebut karena adanya penambahan pasokan dari pihak PT. Pertamina. Dan hal tersebut, rutin dilakukan setiap menyambut perayaan hari besar keagamaan. Untuk tahun ini, PT. Pertamina memberi tambahan pasokan sebanyak 4.000 tabung. “Pada desember 2018 dan januaria 2019, agen Djuwilly telah mendapat pasokan tambahan sebanyak 4 ribu lebih tabung gas. Dari 48 ribu tabung per bulannya, menjadi 52 ribu tabung. Dengan kondisi ini kelangkahan tidak akan terjadi,” terangnya.

Terkait harga, Syahnan dengan tegas mengatakan tidak ada kenaikan. Harga Eceran Tertinggi (HET), sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemko Sibolga, masih tetap Rp17.500 pertabung. “Harga tetap, Rp17.500 dari pangkalan ke masyarakat. Sampai sekarang tidak ada kenaikan,” tegasnya.
Meski demikian, pria berkacamata ini tidak menampik kemungkinan adanya permainan harga menjelang perayaan hari besar keagamaan. Unti itu, Syahnan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk membeli di tingkat pangkalan, bukan tingkat pengecer. Sebab, sesuai dengan hasil penelusuran pihaknya, kenaikan harga sering kali terjadi di tingkat pengecer. “Sejauh ini pola distribusi yang dilakukan dari agen ke pangkalan. Namun tidak bisa di pungkiri ada pihak-pihak lain yang mencoba bermain gas Elpiji 3 Kg ini atau Suplayer. Kita mengharapkan masyarakat hendaknya membeli ke pangkalan,” imbuhnya.
Ditambahkannya, bila ada pangkalan yang menaikkan harga diatas HET, agar segera melapor ke pihaknya. Dan akan ada sanksi tegas yang akan dikenakan kepada pangkalan tersebut. “Silahkan laporkan, akan kita beri sanksi pangkalan yang mencoba menaikkan harga,” pungkasnya. (bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *