Pria India Dipulangkan ke Negaranya

oleh -443 views

SIBOLGA (BN)-Seorang pria berkewarganegaraan India bernama Harvinder Singh (28) akan dideportasi atau dipulangkan ke negara asalnya. Karena menurut data pihak Imigrasi, keberadaannya di Indonesia sudah melebihi izin tinggal (overstay) yang pernah diberikan. Padahal, pria kelahiran New Delhi tersebut telah menikah dengan warga Tapanuli Tengah dan memiliki seorang anak.

Kini Harvinder ditahan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga, sebelum diberangkatkan menuju negaranya.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga, Anton Purnomo Hadimengatakan, Harvinder Singh diamankan setelah ada laporan dari masyarakat terkait keberadaan orang asing di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Harvinder Singh diamankan Imigrasi Sibolga tanggal Maret 2019 ketika berada di Sibolga. Saat diperiksa, dia tidak bisa menunjukkan paspor dan izin tinggalnya,” kata Anton didampingi Fauzi Abdullah kepada wartawan, Kamis (28/3).

Alasan Harvinder saat itu kepada petugas, parpor miliknya hilang di Jakarta. Sebelum ke Tapteng, Harvinder sempat tinggal di Medan. “WNA itu sudah berada di Jakarta sekitar 3 bulan lamanya. Dia mengaku paspornya hilang di Jakarta. Kemudian dia berangkat ke Medan dan tinggal selama 1 bulan di Medan. Selanjutnya Maret 2018, dia berangkat ke Sidempuan untuk menemui perempuan yang dia kenal melalui media sosial dan sekarang sudah menjadi istrinya dan tinggal di Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah,” terangnya.

Setelah berkas lengkap, pria berkulit hitam tersebut siap untuk dikirim ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di Belawan. “Pihak Rudenim nantinya yang akan mendeportasi,” pungkasnya. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *