Korem 023/KS Peringati HUT ke 55 Dharma Pertiwi

oleh -313 views

BRINEWS-Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi digelar di Aula GUPALA Markas Korem 023/KS, Jumat (26/4). Hadir, Komandan Korem 023/Kawal Samudera Kolonel  Inf Tri Saktiyono dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 023/KS PD I/Bukit Barisan Ny. Evi Tri Saktiyono.

Danrem pada acara yang mengusung tema, Dharma Pertiwi berperan aktif dalam mencerdaskan dan mensejahterakan keluarga TNI serta peduli terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup, berharap melalui perayaan HUT tersebut, dapat memupuk semangat kebersamaan, sekaligus sebagai sarana introspeksi terhadap kinerja.

“Saya selaku pembina Dharma pertiwi cabang Sibolga Daerah A, mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh anggota Dharma pertiwi cabang Sibolga. Semoga hikmah peringatan hari ulang tahun ini dapat memupuk semangat kebersamaan sekaligus sebagai sarana introspeksi terhadap apa yang telah dikerjakan selama ini. Sehingga, mampu mempersembahkan karya terbaik guna mendukung tugas pokok TNI,” kata Danrem.

Sekilas, perwira tiga melati tersebut menjelaskan makna dibalik tema yang diusung pada HUT kali ini, yang mencerminkan kebulatan tekad segenap keluarga besar Dharma pertiwi untuk senantiasa sekuat tenaga mencerdaskan dan mensejahterakan keluarga yang dilakukan secara ikhlas. Melalui berbagai bidang kegiatan baik kegiatan sosial, kemajuan pendidikan, kepedulian terhadap kesehatan serta pelestarian lingkungan hidup.

“Pengabdian dharma pertiwi yang tanpa pamrih, telah memberikan sumbangsih yang sangat bermanfaat bagi anggota dan keluarga. Baik dalam kehidupan rumah tangga maupun dalam pergaulan sosial dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Dharma Pertiwi Daerah A, Ny. Evi Tri Saktiyono membacakan amanat Ketua umum Dharma Pertiwi, NY. Nanny Hadi Tjahjanto, yang isinya menjelaskan bahwa 50 Tahun bukanlah waktu yang pendek, melainkan perjalanan panjang pengabdian Dharma pertiwi sebagai organisasi istri prajurit TNI, telah turut berkiprah dan mengambil bagian dalam upaya membangun bangsa. Sebagai organisasi kemasyarakatan, Dharma pertiwi tetap konsisten dalam meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan, dan kesejahteraan prajurit TNI beserta keluarganya.

“Setiap memperingati hari ulang tahun, yang kita utamakan adalah bersyukur kehadirat Tuhan yang maha esa. Karena, masih diberikan kesempatan untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri terhadap peran, tugas dan sejauh mana andil kita terhadap organisasi. Sehingga, dapat meningkatkan semangat dan motivasi, serta komitmen pengabdian untuk kemajuan Dharma pertiwi di masa kini dan yang akan datang. Kita menyadari bahwa dalam perjalanan pengabdiannya, tentu banyak dinamika yang dialami oleh anggota dan unsur organisasi Dharma pertiwi dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Baik di tingkat pusat maupun di daerah. Namun semua itu telah dapat dilalui dengan baik berkat kerja keras dan keikhlasan ibu-ibu untuk mengabdi di organisasi. Sukses Dharma pertiwi juga tidak terlepas dari petunjuk, arahan dan bimbingan serta dukungan moril maupun materiil dari bapak pembina utama dan para pembina unsur serta pembina di daerah. Dalam pembinaan seluruh anggota dharma pertiwi di semua tingkat kepengurusan. Kesemuanya itu telah mendorong Dharma pertiwi menjadi organisasi wanita yang tetap eksis hingga saat ini,” sebutnya.

Peringatan hari ulang Tahun ke-55 Dharma pertiwi ini lanjut Ny. Evi Tri Saktiyono lanjut membacakan, tema HUT kali ini sengaja dipilih untuk menghadapi situasi, kondisi saat ini, yang di dalamnya mengandung dua pokok pikiran. Pertama, tentang peran aktif dalam mencerdaskan dan mensejahterakan keluarga prajurit. Kemudian, tentang kepedulian terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup.

“Tema tersebut mencerminkan kebulatan tekad segenap keluarga besar Dharma pertiwi. Untuk senantiasa sekuat tenaga dan daya membangun kebersamaan dan kekeluargaan yang dilakukan secara ikhlas. Melalui berbagai bidang kegiatan baik  kegiatan bidang ekonomi, sosial, budaya maupun upaya untuk kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas keluarga prajurit TNI. Selain itu, Dharma pertiwi harus selalu aktif dalam pelestarian lingkungan hidup karena pada dasarnya pelestarian lingkungan hidup adalah suatu kewajiban. Dimana manusia sangat bergantung pada alam sekitar.  Ada banyak upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup, baik penanaman pohon maupun berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita dalam rangka mendukung program indonesia bersih dan indonesia sehat,” pungkasnya.

Untuk itu, seluruh keluarga besar Dharma pertiwi juga diharapkan turut berperan aktif dalam mendukung terwujudnya profesionalisme TNI untuk rakyat. “Dengan senantiasa melaksanakan pembinaan keluarga yang harmonis, agamis dan berakhlak mulia. Sebagai landasan ketahanan keluarga dalam menghadapi pengaruh-pengaruh negatif yang dapat merusak kehidupan kita, dalam keluarga, dalam berorganisasi maupun dalam bermasyarakat,” tandasnya.

Selain Danrem 023/KS, acara tersebut juga dihadiri Kasrem, Dandim 0211/TT, Danlanal Sibolga, Dansat Radar Sibolga serta para Kasi Korem 023/KS. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *