Kapal Terbakar di Dermaga PPN, 2 ABK Meninggal

oleh -346 views
BRIKNEWS-Sebuah kapal terbakar di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga, Sumatera Utara, yang terletak di jalan Gatot Subroto Pondok Batu Sarudik, Tapteng, Selasa (30/4) sekira pukul 7.00 WIB. 2 Anak Buah Kapal (ABK) dikabarkan meninggal dunia. Sementara, seorang lainnya mengalami luka bakar yang cukup serius dan dirawat di rumah sakit.
Kasat Pol Air Polres Sibolga AKP M. Sihombing dalam keterangannya membenarkan terbakarnya kapal bernama Daya Cipta tersebut. “Korban meninggal, yang pertama atas nama Amar Siregar, umur 43 tahun, warga Desa Lubuk Tukko, Kecamatan Pandan, Tapteng. Perkerjaannya, KKM kapal Daya Cipta. Kemudian, Masruddin, umur 34 tahun, warga jalan Murai, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan. Jabatannya sebagai, wakil KKM Daya Cipta. Sementara, yang dirawat di rumah sakit atas nama Usman, umur 49 thn, warga jalan St. Hamonangan, Kecamatan Pandan, Tapteng. Dia ABK Kapal Daya Cipta, yang mengalami luka bakar di sekujur tubuh,” kata Kasat Pol Air.
Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, kronologis kejadian bermula saat kapal jenis pukat tongkol tersebut baru sandar di dermaga PPN Sibolga. Kemudian, juru mesin mematikan mesin kapal. Setelah memastikan mesin telah mati, ABK tersebut kemudian menyalakan mesin pompa penyedot air. Tiba-tiba muncul pencikan api, hingga membakar mesin dan badan kapal.
“Baru bersandar di Dermaga. Selanjutnya mesin besar sudah dimatikan oleh petugas mesin atas nama Amar Siregar. Dia kemudian mau menghidupkan mesin pompa pengisap air. Saat di hidupkan terjadi percikan api dan terjadi kebakaran dan membakar daerah mesin kapal dan juga ABK ikut terbakar,” terangnya.
Pihak Polres Sibolga masih melakukan proses penyelidikan terhadap kejadian tersebut. “Barang bukti yang disita, mesin pompa air Merk Robin yang sudah terbakar. Saksi-saksi yang sudah diperiksa, Saiful Hamli, umur 53 tahun, jabatan Tekong kapal. Kemudian, Bukti Hutagalung umur 58 tahun,” pungkasnya.
Terkait 2 korban yang meninggal telah dibawa oleh pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah duka. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *