SBSI Minta Pemko Upah THL Sesuai UMK

oleh -103 views

BRIKNEWS-Upaya SBSI untuk mensejahterakan buruh terus dilakukan dengan menekan pihak perusahaan agar membayar upah sesuai dengan UMK yang ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan di PT. Pertamina (Persero) Region I Terminal BBM Sibolga, Sumatera Utara. Dimana upah supir tangki yang dibawahi oleh PT. Elnusa, sebagai mitra PT. Pertamina yang sebelumnya sebesar Rp1.800.000 perbulan naik menjadi Rp2.782.000 perbulan, sesuai besaran UMK Kota Sibolga.

Sejalan dengan itu, SBSI berharap Pemko Sibolga, menyusul menyesuaikan gaji tenaga honor atau Tenaga Harian Lepas (THL) dengan besaran UMK yang ada. “Mulai Januari, kita berhasil mendongkrak upah supir Pertamina. Sebelumnya, hanya Rp1,8 juta. Sekarang, sudah Rp2.782.000. Sudah diterapkan oleh elnusa sesuai undang-undang tenaga kerja. Kami minta Pemko Sibolga juga menyusul, menaikkan gaji THL sesuai UMK. Sekarang kalau nggak salah, gaji tenaga honor Pemko, paling tinggi hanya Rp1,5 juta,” kata Binsar Tambunan, Ketua SBSI Sibolga-Tapteng.

Begitu juga katanya dengan perusahaan swasta lainnya. “Minimal, UMK itu diterapkan. UMK Sibolga sekarang Rp2.782.000,” tukasnya.

Binsar mengakui kalau UMK saat ini cukup tinggi, sesuai dengan kondisi ekonomi. Dan hingga kini, masih banyak perusahaan yang ada di Sibolga-Tapteng, belum menerapkannya. “Sudah cukup tinggi, tapi susah untuk diterapkan. Masih banyak yang membandel, menggaji buruh dengan murah, dibawah UMK,” ketusnya.

Oleh karena itu, pihaknya berjanji akan terus berjuang demi kesejahteraan buruh. “Perusahaan yang membandel, akan kita ingatkan. Yang tetap melanggar ketentuan, akan kita laporkan melalui PHI,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *