Bocah Asal Humbahas Nyuri Septor di Sibolga

oleh -368 views

BRIKNEWS-Seorang bocah, yang masih berusia 14 tahun, yang berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumatera Utara nekat beraksi, mencuri sepeda motor (septor) atau kreta di Kota Sibolga. Bocah berinisial  CBP alias C (14), warga desa Pardomuan Dolok Sanggul tersebut ditangkap dari rumahnya, dengan barang bukti sebuah kreta jenis Honda Supra NF 125, dengan nomor polisi BB 5859 NK.

            Menurut keterangan Kapolres Sibolga AKBP Edwin Harianjda, melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, pelaku ditangkap oleh personil Polsek Dolok Sanggul. Setelah sebelumnya, Polres Sibolga menerima laporan kehilangan dari pemilik kreta, Nurpaida Sinaga.

            “Rabu (24/4), kita menerima laporan dari pemilik kreta. Kemudian Jumat (26/4) kita menerima informasi dari Polsek Dolok Sanggul, yang telah mengamankan pelaku dan barang bukti, yang sesuai dengan data yang telah disebarkan oleh Polres Sibolga,” kata Sormin, Minggu (5/5).

            Menurut Nurpaida, kreta tersebut dipinjam oleh Charli Davit Siahaan dan hilang dari parkiran, pada saat acara pekan raya Paskah Oikumene di Lapangan Simaremare, Selasa (23/4) sekira pukul 22.30 WIB. “Hilangnya waktu pekan raya Paskah kemarin, diparkir di parkiran jalan Sutomo,” ungkapnya.

            Dari hasil pemeriksaan, bocah yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut menceritakan, awal mula dirinya tiba di Sibolga, setelah berhasil mencuri uang Opungnya di kampung. Tersangka lari ke Sibolga dengan mambawa sebuah kunci kreta palsu.

            “Dicurinya uang Opungnya, kemudian lari ke Sibolga. Awalnya dia turun di Terminal, lalu berjalan dan sampai di lapangan Simaremare,” terang Sormin.

            Di Lapangan Simaremare, tersangka melihat ada keramaian dan banyak kreta yang bersusun di parkiran. Kemudian, timbul niat untuk mencuri. Dia kemudian mencoba kunci palsunya ke beberapa kreta. Nmaun, hanya kreta kroban yang cocok dengan kunci tersebut. Setelah berhasil menyalakan mesin, tersangka kemudian menggeber kreta tersebut pulang ke Dolok Sanggul malam itu juga.

            “Ada 3 kreta yang dicoba saat itu, giliran kreta korban, cocok, bisa nyala mesinnya. Malam itu juga, sekira pukul 22.00 WIB, tersnagka langsung membawanya ke kampung halamannya di Dolok Sanggul,” tukasnya.

            Setibanya di rumahnya, tersangka mencoba mengaburkan barang bukti dengan cara mengganti warna kreta, dari Hitam menjadi Biru. Tak hanya itu, dia juga mempreteli body kreta tersebut. “Cup depan dan plat/TNKB dibuka dan dibuang,” kata Sormin sembari mengucapkan terimakasih kepada Polsek Dolok Sanggul Polres Humbahas atas kerjasamanya mengamankan tersangka.

Kini, tersangka ditahan di Polres Sibolga. Atas perbuatannya, bocah nakal tersebut dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 4e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *