Ditemukan Sabu 9,8 Gram dari Saku Jaket Pria Ini

oleh -150 views

BRIKNEWS-Satuan Narkoba Polres Sibolga, Sumatera Utara berhasil membekuk seorang pria yang telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dari teras rumah salah seorang wara di daerah Sipange, Kecamatan tuka Tapteng, Sumatera Utara beberapa hari yang lalu, sekira pukul 15.00 WIB. Dari tangan pria yang diketahui berinisial MG alias M (32) warga Lingkungan I, Kelurahan Hajoran tersebut, polisi berhasil menyita barang bukti berupa 2 paket sabu yang dibalut dengan lakban hitam.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa sabu tersebut diperoleh dari seseorang yang namanya masih dirahasiakan oleh pihak Kepolisian guna penyelidikan lebih lanjut di daerah desa Mela II, Tapteng. “Dibeli sebanyak 10 jie atau 10 gram dengan harga  Rp9 juta dan baru dibayar  Rp4.800.000,” kata Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja melalui Kasubbag  Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Kamis (30/5).

Sekilas, pria yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut menceritakan, transaksi narkoba dilakukan melalui telepon selular. Setelah lokasi pertemuan disepakati, tersangka kemudian berangkat ke daerah Mela dan menemui penjual sabu di sebuah warung. “Tersangka menelpon orang yang jual sabu, ada uangku Rp4.800.000, kasih sama aku 2 bungkus. Dijawab, oke datanglah. Kemudian tersangka berangkat menuju Mela II naik speda motor honda Vario warna hitam BB 2519 MX yang dipinjam tersangka dari temannya. Di desa Mela II, tersangka melihat si penjual sabu-sabu berada pada sebuah warung dan tersangka mendatanginya dan mengatakan, iIni uangnya, aku hutang 1 bungkus lagi samamu dan dijawab, oke. Kemudian laki-laki tersebut menyerahkan sabu-sabu sebanyak 2 bungkus dan menyimpannya ke saku kiri jaketnya, merk Badheard Therapy yang saat itu dipakai tersangka,” terangnya.

Setelah menerima barang haram tersebut, tersangka berangkat menuju rumah temannya di daerah Sipange. Saat duduk di teras, petugas datang dan menangkapnya. “Selain sabu, petugas juga menyita 1 unit HP merk Nokia warna putih, uang sebanyak Rp210.000 serta sepeda motor honda vario warna hitam BB 2519 MX,” pungkasnya.

Selain mengedarkan, tersangka juga mengosumsi sabu sejak 3 tahun terakhir. “Sabu-sabu dibeli dari Mela II sudah 3 kali, pertama sebanyak 1 gram dengan harga Rp1.100.00. Kedua, 2 gram dengan harga Rp2.200.000 dan ketiga 10 gram dengan harga Rp9.000.000,” beber Sormin.

Dari catatan kepolisian, tersangka ternyata pernah ditangkap pada tahun 2018 dalam kasus yang sama. Namun, saat proses persidangan, tersangka berhasil melarikan diri dan belum sempat menjalani hukuman. “Tersangkut hukum pada tahun 2018 dalam oerkara narkoba di wilayah hukum Polres Tapteng,” katanya.

Tersangka kini ditahan di RTP Mapolres Sibolga. Dan dijerat dengan pasal 114 ayat 2 Subsider pasal 112 ayat 2, dari Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Setelah ditimbang, sabu yang disita seberat 9,8 gram. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *