Tingkat Kehadiran PNS Pemko Sibolga 99 Persen

oleh -54 views
BRIKNEWS-Wali Kota Sibolga, Drs. HM. Syarfi Hutauruk, MM bersama dengan Wakilnya, Edi Polo Sitanggang, Sekretaris Daerah (Sekda), M. Yusuf Batubara dan para OPD melakukan sidak kehadiran ASN Pemko Sibolga pasca liburan Lebaran 1440 H, Senin (10/6). Tim sidak yang mendatangi kantor-kantor jajaran Pemko Sibolga dibagi menjadi 4. Diantaranya, tim Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda dan tim OPD.
Sidak digelar guna menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia. Agar para ASN tidak ada yang bolos usai menjalani libur hari raya Idul Fitri 1440 H.
Wali Kota dan tim menggelar sidak di  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perumahan Kawasan Pemukinan dan Lingkungan Hidup, PDAM Tirta Nauli Sibolga, serta Sekretariat Staf DPRD kota Sibolga.
Sementara itu, Wakil Wali Kota sidak ke Kantor Kecamatan Sibolga Kota, Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (PKAD), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Kemudian (Parpora’, ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Per indah), Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Inspektorat, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Sedangkan Sekda dan para staf ahli, Asisten dan Pimpinan OPD sidak ke Kantor Kecamatan Sibolga Utara, Kecamatan Sibolga Selatan, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja, dan Puskesmas Aek Habil dan kantor lainnya. Sehingga tidak satupun OPD dan bahkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang luput dari sidak.
Dalam keterangan persnya, Wali Kota menyampaikan, hari pertama masuk kerja setelah cuti nasional pasca lebaran selama 10 hari, tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL/Honorer) mencapai 99,27 persen. Sisanya yang tidak masuk ada 4 orang yang izin sakit, tugas belajar dan cuti melahirkan.
“Itu kita cek bukan hanya absensi, tapi kita cek disaat apel. Kemudian dalam apel tersebut kami menyampaikan selamat Hari raya Idul Fitri dan selamat kerja kembali. Sekaligus saya mengingat mereka agar bekerja lebih baik dan tingkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan sepenuh hati,” kata Wali Kota.
Sekilas, Syarfi mengingatkan seluruh ASN agar menghargai pekerjaannya. “Tadi juga saya ingatkan bahwa zaman orde baru masuk pegawai ASN gampang, untuk dipecat susah. Beda dengan zaman sekarang, masuk pegawai sangat susah. Untuk memberhentikannya sangat mudah. 46 hari saja tidak masuk selama 1 tahun bisa diberhentikan sesuai dengan aturan yang ada. Oleh sebab itu saya minta jaga kedisiplinan dan ketaatan aturan bekerja dengan baik,” imbuhnya.
Sidak kali ini juga menyasar sampai ke kantor DPRD Sibolga. Menurut mantan anggota DPR RI tersebut, tingkat kehadiran ASN dan THL di kantor wakil rakyat tersebut juga mencapai 99 persen.
“ASN dan THL yang berada di Sekretariat dewan ini kami telah lihat dan dicek langsung, tingkat kehadiran mencapai 99 persen. Kalau soal dewan kan itu bukan wewenang kami, mungkin tadi ada saudara-saudara lihat tidak ada satu pun anggota dewan yang masuk kantor. Mungkin mereka masih liburan, berlebaran atau masih belum ada persidangan. Saya tidak tahu, karena itu bukan kewenangan saya untuk menilai anggota dewan. Saya datang ke kantor DPRD Sibolga untuk melihat absensi ASN dan THL staf dari anggota DPRD, bukan dewannya loh,” tandasnya. (rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *