Ketangkap Basah Nyuri Sendal Jepit, Pencuri Ini Digelandang Warga ke Kantor Polisi

oleh -119 views

BRIKNEWS – Seorang pria nyaris menjadi bulan-bulanan warga, setelah ketangkap basah mencuri sepasang sendal jepit dari rumah Rebekka Tiur Hotmaida Sitinjak (39) di jalan SM. Raja, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas beberapa hari yang lalu. Pencuri yang diketahui berinisial MF alias (S) (19) tersebut kemudian digelandang warga ke Kantor Polisi.

Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja dalam keterangannya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin membenarkan, pihaknya telah menerima MF dari warga karena ketangkap basah mencuri.
“Diamankan warga, lalu diserahkan ke kita,” kata Sormin, Minggu (30/06).

Menurut keterangan Rebekka, saat itu dia sedang tidur dalam kamarnya. Tiba-tiba dia terbangun karena mendengar suara gaduh dari luar rumah. Diluar dia melihat teman kosnya bersama warga menangkap seorang pencuri. Setelah diperiksa, ternyata, pria yang merupakan warga jalan SM. Raja, Kampung Batak, Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan tersebut telah mengambil sepasang sendal jepit dari rumahnya,” kata Rebekka.

Tak hanya itu, pencuri tersebut juga menyikat telepon genggam milik Rebekka yang di cas di samping tempat tidur.
“Sebelumnya di cas di samping tempat tidur. Dilihatnya, kabel cas sudah memanjang didekat jendela,” ungkapnya.

Sementara, dari hasil pemeriksaan terhadap MF, diketahui bahwa MF beraksi seorang diri. Awalnya, dia hanya lewat dari depan rumah Rebekka dan melihat salah satu jendela kamar terbuka. Tiba-tiba timbul niatnya untuk mencuri. “Setelah melihat ada jendela yang terbuka, dia lalu masuk dengan membuka pagar rumah dna berjalan menuju jendela. Dia melihat, seorang perempuan (Rebekka) dalam keadaan tertidur. Dan melihat 1 unit HP disampingnya dalam keadaan di cas,” terang Sormin.

Karena posisi HP tidak terjangkau tangan, MF kemudian mengambil sebuah pipa paralon yang ada disekitar jendela kamar tersebut. Dia kemudian mencoba menarik HP kearah jendela hingga terjangkau tangan. Setelah berhasil mengambil HP, diapun masuk kedalam rumah yang kondisinya saat itu tidak terkunci. Dia berhasil mengambil sepasang sendal jepit.
“Setelah mengambil HP, kemudian diamelihat pintu rumah dalam keadaan terbuka sedikit. Dia mendorong pintu rumah dan mengambil 1 stel sendal swallow (jepit),” ketusnya.

Tak hanya itu, pria yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut ternyata berniat untuk mencuri sepeda motor yang diparkir di depan rumah. Namun, karena kunci yang dibawa tersangka tidak bisa menyalakan mesin sepeda motor, tersangka lantas mengurungkan niatnya.
“Memasukkan kunci kreta yang dibawa tersangka sebelumnya. Namun kunci tersebuttidak cocok dan saat tersangka hendak keluar dari rumah tersebut, didatangi masyarakat. Lalu tersangka diserahkan ke kantor Polisi,” pungkasnya.

Dari catatan Kepolisian, tersangka sebelumnya pernah ditahan di Lapas Medan pada tahun 2018 dalma kasus penganiayaan. “Dihukum selama 1 bulan. Dan tersangka belum berumah tangga,” tandasnya.

Kini tersangka ditahan di RTP Mapolres Sibolga. Pria yang berprofesi sebagai Nelayan tersebut diganjar dengan pasal 363 ayat 1 ke 3, dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *